Sel. Sep 27th, 2022

Makanan untuk penderita hipertensi harus diatur dengan ketat. Bertujuan untuk mencegah terjadinya loncatan tekanan darah yang dapat menimbulkan hipertensi. Pengaturan pola makan ini juga menyarankan untuk penderita hipertensi agar mengonsumsi makanan dengan rendah garam.

Salah satu diet untuk penderita hipertensi adalah diet DASH. Pengaturan pola makan dengan menggunakan metode diet ini menganjurkan pelaku diet untuk mengkonsumsi makanan rendah garam dan mengandung nutrisi tertentu misalnya kalium, kalsium dan magnesium.

Makanan untuk Penderita Hipertensi Kurangi Potensi Kambuh

Cara menurunkan tekanan darah dengan diet DASH menekankan pola makan rendah garam namun tetap mengandung nutrisi seimbang. Sehingga, tidak hanya mencegah hipertensi, tetapi juga mengurangi terjadinya penyakit jantung, stroke, diabetes osteoporosis, dan kanker.

DASH sendiri adalah singkatan dari Dietart Approaches to Stop Hypertension. Di sini bukan hanya mengurangi makanan yang mengandung garam tinggi, tetapi tetap memperhatikan nutrisi seimbang.

Berikut adalah aturan diet DASH 

  • Mengurangi konsumsi natrium baik dalam bentuk garam atau makanan dengan sodium tinggi. Misalnya saja berupa makanan dalam kemasan, makanan kalengan atau makanan siap saji. 
  • Membatasi konsumsi daging serta makanan dengan gula tinggi. 
  • Banyak konsumsi sayuran, buah, dan susu rendah lemak. 
  • Rutin mengonsumsi ikan, daging unggas, kacang, dan makanan gandum utuh.
  • Mengontrol konsumsi makanan dengan kolesterol tinggi dan mengandung lemak trans. 

Menyusun Menu Diet DASH 

Mengatur menu diet untuk penderita hipertensi ini sebenarnya cukup mudah. Pasalnya penderita tetap boleh makan nasi, daging dan susu. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah porsinya yang terbatas setiap hari

Untuk satu porsi DASH bisa terdiri dari seiris roti, 1 ons sereal, 3 ons daging merah, 100 gram pasta, 150 gram sayuran, 1 sendok teh minyak nabati, dan 3 ons tahu. Bisa juga ditambahkan dengan 8 ons atau lebih susu.

Daftar makanan yang harus dikonsumsi selama menjalankan Diet DASH ini antara lain adalah:

Sayuran

Sebaiknya sajikan sayuran sebagai menu utama bukan sebagai menu pendamping. Sayur yang disediakan di atas meja bisa berupa brokoli, wortel, tomat dan sayuran berdaun hijau lain yang kaya akan kandungan vitamin dan serat. 

Beras dan Gandum 

Beras, roti, pasta, serta Sereal masih masuk dalam kelompok beras dan gandum. Sebaiknya pilih gandum utuh berupa beras merah dan roti gandum. Pasalnya kedua jenis makanan tersebut mengandung serat dan nutrisi lebih banyak. 

Buah 

Untuk cemilan sebaiknya sediakan buah-buahan titik jika penderita tidak terlalu menyukai buah buah tersebut dapat diolah menjadi jus tanpa tambahan pemanis atau gula. Pisang yang mengandung kalsium sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. 

Kalium yang terdapat pada pisang bekerja dengan cara mengurangi efek natrium atau garam. Semakin banyak kalium yang dikonsumsi, semakin banyak pula natrium yang hilang. Kalium juga dapat meredakan ketegangan di bagian dinding pembuluh darah sehingga tekanan darah akan turun. 

Protein Hewani 

Sumber protein hewani mengandung zat besi, seng dan vitamin. Daging ini aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi asalkan tidak melebihi aturan diet. 

Sebaiknya daging dikonsumsi tanpa kulit dan diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Daging yang diolah dengan cara menggoreng akan semakin bertambah kolesterolnya. 

Selain makan daging, penderita juga dapat mengkonsumsi ikan salmon atau tongkol. Kedua jenis ikan tersebut mengandung omega 3 yang tinggi dan bermanfaat menurunkan kolesterol.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung omega tinggi dan serat yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung titik Disamping itu kacang juga mengandung kalori sehingga harus dikontrol konsumsinya

Diet DASH menekankan pentingnya mengatur makanan untuk penderita hipertensi. Selain itu juga bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit lain seperti jantung, stroke, diabetes, osteoporosis, batu ginjal, atau kanker. 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.