Mon. Nov 28th, 2022

Pengertian kasir bisa diartikan sebagai orang yang melayani pembeli yang ingin membayar barang yang telah dibelinya. Staf kasir sendiri adalah tempat terjadinya transaksi akhir, setelah pelanggan memilih produk yang ingin dibeli maka mereka akan melakukan check out dan pembayaran.

Apa saja tugas dan tanggung jawab kasir?

Kasir adalah pemberhentian terakhir para pelanggan sekaligus kesempatan akhir pihak ritel untuk melakukan penjualan. Ada minimarket biasanya tersedia permen atau rokok yang akan ditempatkan dekat kasir, tujuan ditempatkan di kasir adalah agar produk tersebut bisa ditawarkan kembali ketika pelanggan akan cek out.

Biasanya kasir juga akan menanyakan apakah plat nomor mainan atau sekalian mengisi pulsa atau menjadi member toko retail. Adapun teknik tersebut biasa disebut sebagai up selling, up selling adalah salah satu tugas kasir untuk meningkatkan penjualan di toko retail tempat mereka bekerja.

Tugas Seorang Kasir

Tugas seorang kasir adalah menerima pembayaran dan mengurus struk pembayaran. Kasir juga mempunyai tugas membungkus belanjaan dan memantau transaksi yang berlangsung baik secara tunai maupun non tunai. Tugas-tugas yang dimiliki oleh kasir sangat penting, karena kasir harus memastikan jumlah pembayaran pada saat pos terjadi sesuai dengan produk ritel yang dibeli.

Kasir juga harus memastikan kembali bahwa pelanggan telah membeli seluruh barang yang dibutuhkan. Kasir juga harus menawarkan pertambahan yang mungkin dibutuhkan, sekaligus mengurus kembalian uang tunai.

Apabila kasir melakukan seluruhnya dengan baik, maka toko ritel yang akan mempunyai hasil tidak akan mengalami kerugian. Untuk melakukan tugas utama tersebut, tentu kasir harus mempunyai sistem point of sale. Sistem yang dimiliki tersebut tentu harus berkaitan erat dengan pembayaran.

Kasir adalah seseorang yang mempunyai tugas utama untuk memahami kebijakan toko. Salah satu kebijakannya adalah kebijakan pembayaran agar kasir bisa mengetahui prosedur yang tepat saat customer melakukan pembayaran. Kasir juga harus memahami kebijakan toko terlebih dahulu lalu belajar mengenai pos dan cara menggunakannya.

Seorang kasir wajib mengetahui kebijakan toko, baik dari kebijakan pembayaran hingga kebijakan pengembalian dan penukaran produk. Kasir juga harus mengetahui kebijakan mengenai waktu kerja, pengambilan keputusan di waktu-waktu tertentu dan melakukan tugas-tugas lainnya.

Tanggung Jawab Kasir

Sistem point of sale memang harus dipelajari oleh kasir, karena merupakan tanggung jawab sendiri sebab termasuk ke dalam pemberhentian terakhir. Sistem yang akan membantu kasir ini akan mereka pemasukan dari berbagai metode pembayaran setiap harinya.

Kebanyakan sistem point of sale juga telah terintegrasi dengan stock produk sehingga akan mempermudah pengecekan inventaris. Mempelajari sistem point of sale adalah tanggung jawab seorang kasir, agar transaksi yang terjadi di dalam toko tersebut berjalan jauh lebih lancar.

Kasir juga mempunyai tugas untuk mengingat kode produk atau nama produk, yang sangat penting untuk memastikan input produk yang akan berlangsung cepat. Dengan mengingat nama produk, kasir akan jauh lebih efisien dalam melakukan point of sale walaupun terdapat hambatan.

Tanggung jawab kasir selanjutnya adalah membungkus produk belanja sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Adapun teknik pembungkusan produk ini berbeda-beda, karena bergantung pada toko retailnya. Terdapat kardus atau kertas karena toko ritelnya mengusung konsep bebas plastik, atau dengan box khusus karena untuk penyimpanan kue.

Pastikan juga, anda melakukan pembungkusan dengan benar dan sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah berlaku. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kriteria untuk menjadi kasir dan telah memenuhi standarisasi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *