Sab. Mei 28th, 2022

Sebagai orang tua yang memperhatikan masa depan si kecil, Anda pasti ingin memberikan pendidikan yang terbaik. Memilih sekolah yang tepat dalam meningkatkan kemampuan anak sejak dini merupakan fokus utama. Bukan berarti Anda mengabaikan masalah akademik, tetapi pilih sistem pendidikan yang bisa meningkatkan potensi yang anak miliki di bidang tertentu meskipun ia memiliki kekurangan di bidang lain. Pilih sekolah internasional yang memiliki kurikulum untuk meningkatkan potensi akademik dan nonakademik buah hati, ya!

Kiat Memilih Sekolah Anak yang Ideal

Saat anak hendak memilih SMP atau SMA impian, mungkin ia masih bingung menentukan sekolah yang tepat. Sebagai orang tua yang membantu anak dalam memilih sekolah sesuai dengan minat atau passion, Anda bisa mengajaknya berdiskusi. Supaya Anda bisa menemukan sekolah yang ideal, tidak ada salahnya pertimbangkan beberapa hal penting berikut :

1. Mengajak anak memilih sekolah

Ajak anak untuk berdiskusi mengenai sekolah impian yang sudah lama ia inginkan bukan sekadar mengikuti tren atau teman-teman di sekolah lama. Berikan sudut pandang Anda, kemudian dengarkan pendapat anak mengenai sekolah tersebut.

2. Lihat program sekolah

Program sekolah menjadi fokus Anda dalam memilih sekolah anak yang ideal baik visi dan misi, nilai keagamaan, nilai akademis, nilai moral, dan aspek menonjol lainnya.

3. Perhatikan kurikulum dan peran guru

Kurikulum menjadi salah satu tolok ukur dalam memilih sekolah, apalagi Anda berencana memasukkan anak ke sekolah swasta. Di Indonesia, ada banyak sekolah swasta yang menawarkan kurikulum berbeda meskipun tetap berada di bawah naungan Kemendikbud. Sekolah internasional yang mengadopsi kurikulum luar negeri yang sudah disetujui di Indonesia, kenapa tidak? Anda bisa mempertimbangkan Menlo Park School yang mengadopsi kurikulum Cambridge.

4. Lokasi dan akses sekolah

Lokasi sekolah yang dekat dengan rumah menjadi pertimbangan dalam memilih sekolah anak yang ideal. Anda boleh memilih sekolah yang memiliki jarak cukup jauh dengan domisili, tapi pertimbangkan akses menuju ke sekolah. Akses yang mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum bisa menjadi kemudahan anak dalam berangkat ke sekolah dan pulang ke rumah.

5. Tingkat keamanan lingkungan sekolah

Keamanan lingkungan sekolah benar-benar terjamin dan bebas dari risiko kriminalitas yang acap terjadi di lingkungan perkotaan, kenapa tidak? Selain adanya petugas keamanan, Anda juga harus memperhatikan situasi dan kondisi sekolah yang kondusif untuk mendukung kenyamanan anak dalam belajar sehari-hari.

6. Sarana dan prasarana yang dimiliki

Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah benar-benar lengkap mulai gedung, laboratorium, lapangan olahraga, ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, dan sederet fasilitas lain wajib Anda perhatikan. Melakukan pengecekan langsung ke sekolah atau mengikuti program trial yang diberikan, sah-sah saja.

7. Biaya

Tentu Anda tidak boleh mengabaikan poin terakhir mengenai biaya pendidikan yang sesuai dengan kemampuan finansial. Biaya yang lebih mahal untuk kualitas pendidikan yang lebih baik, Anda akan puas dengan hasil belajar si kecil.

Beberapa faktor penting dalam menentukan sekolah ideal di atas bisa menjadi referensi Anda sebagai orang tua yang bijak. Kini Anda yang mencari sekolah SMP-SMA bertaraf internasional yang mencetak lulusan outstanding yang bisa bersaing di kancah dunia, maka daftarkan putra-putri Anda di Menlo Park School. Sekolah internasional yang menggunakan kurikulum Cambridge untuk jenjang SMP dan SMA  sangat cocok menjadi tempat belajar buah hati tercinta.

Anda yang tertarik mengetahui keunggulan, program dan profil pengajar lulusan luar negeri dari Menlo Park School, bisa mengunjungi laman resmi di http://menloparkschool.com sekarang juga. Yuk, ciptakan anak muda generasi penerus bangsa yang mampu bersaing di kancah global dengan potensi sesuai bidang yang mereka minati! Akademik dan non akademik yang unggul sesuai passion anak, kenapa tidak?

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.