Mon. Nov 28th, 2022

Belanja online telah menjadi pilihan utama di era digitalisasi sekarang ini. Selain memberikan kemudahan, belanja online juga banyak promo gajian. Namun sayangnya tidak semua barang yang kita butuhkan tersedia di toko-toko online lokal, sehingga membuat Anda untuk membelinya di toko online luar negeri.

Dibalik kelebihannya, belanja online di luar negeri memiliki resiko yang cukup tinggi. Jika terjadi suatu permasalahan yang tidak terduga, kita tidak bisa dengan mudah mengambil tindakan karena transaksi berlangsung antar dua negara.

  • Pilih situs belanja online terpercaya

Hal pertama yang paling penting dalam berbelanja secara online di luar negeri adalah memilih situs belanja online yang terpercaya. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat review dari para pelanggan, jika baik maka akan memastikan toko tersebut punya predikat baik juga.

  • Mencermati syarat dan ketentuan

Mencermati syarat dan ketentuan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam berbelanja online di luar negeri. Khususnya syarat dan ketentuan proses pembayaran dan pengiriman barang yang tertera di situs belanja online. Pastikan Anda sudah membaca dan memahami secara menyeluruh tentang syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum memutuskan untuk menindaklanjuti proses belanja online.

Pada umumnya kebijakan dari situs belanja online luar negeri meliputi beberapa informasi mulai dari metode pembayaran, ongkos kirim, durasi pengiriman hingga kebijakan apabila barang tidak diterima dengan baik atau dalam keadaan rusak (garansi). Semua informasi ini perlu Anda pahami agar mendapatkan jaminan jika terjadi sesuatu permasalahan selama proses berlangsung.

  • Isi data diri secukupnya

Isi data diri Anda secukupnya saat bertransaksi online di luar negeri, guna mengurangi resiko peretasan data pribadi. Jika ada pihak tertentu yang meminta Anda untuk mengisi hal yang tidak relevan, seperti tanggal lahir, jenis pekerjaan, maka Anda perlu waspada dan tidak mengisi data tersebut.

  • Perhatikan jasa pengiriman barang

Cara aman belanja online yang bisa Anda lakukan lainnya dengan memakai jasa pengiriman barang yang sudah terkenal di dalam negeri dan memiliki citra baik di masyarakat luas.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *