Jum. Sep 30th, 2022

Lebaran tahun ini akan terasa berbeda dari tahun lalu karena pemerintah telah memperbolehkan adanya mudik. Para perantau dipersilakan untuk pulang ke kampung halaman masing-masing karena situasi pandemi sudah mulai terkendali. Anda bisa mengakses info mudik lebaran 2022 melalui media sosial maupun platform digital lain agar mudik jadi lebih lancar dan mudah.

Mudik saat Pandemi

Meskipun pemerintah sudah memperbolehkan mudik, namun penting untuk disadari bahwa saat ini pandemi masih terus berlangsung. Kita harus lebih waspada beraktivitas di tengah situasi pandemi seperti sekarang. Agar mudik terasa aman dan tenang, berikut ini adalah 5 tips mudik yang bisa dilakukan di era pandemi:

1. Pilih Moda Transportasi yang Tepat

Tips pertama, pilihlah moda transportasi terbaik untuk membawa Anda mudik ke kampung halaman. Saat ini ada banyak pilihan alat transportasi yang bisa Anda andalkan dan salah satunya adalah kereta api. Jika memang tak memungkinkan untuk memakai kendaraan pribadi maka kereta api dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa cek di media sosial KAI mengenai jadwal kapan tiket kereta api dibuka.

Saat memilih alat transportasi untuk mudik, pertimbangkan beberapa hal penting. Pertama tentu saja bujet, kemudian jangan lupa pikirkan juga jadwal keberangkatan yang diinginkan. Pastikan juga Anda merasa nyaman dengan jenis alat transportasi yang akan dipakai.

2.  Bawa Hygiene Kit

Selama pandemi, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan diri. Bawalah hygiene kit kemanapun Anda bepergian. Hygiene kit ini terdiri dari hand sanitizer, masker, tisu basah, tisu kering, dan benda lain yang mungkin Anda butuhkan. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan diri karena bagaimanapun juga ancaman virus Corona masih ada di sekitar kita.

3.  Patuhi Protokol Kesehatan

Ingat selalu untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di era pandemi. Protokol kesehatan ini sebenarnya merupakan hal pokok yang harus dijadikan pedoman saat Anda beraktivitas di tengah situasi pandemi. Termasuk ketika Anda harus mudik dan naik kendaraan umum. Pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan diri sendiri juga orang lain.

Kenakan masker dengan benar dan pastikan Anda selalu mencuci tangan sesering mungkin selama sempat. Jika tak bisa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir maka pakailah hand sanitizer. Selain itu pastikan juga Anda sudah memenuhi peraturan mudik dari pemerintah terkait vaksin. Coba cek kembali info mudik lebaran 2022 mengenai aturan vaksin dan lain sebagainya.

4. Batasi Komunikasi dengan Orang Asing

Cobalah untuk membatasi komunikasi dengan orang asing. Jika tidak dibutuhkan tak perlu berkomunikasi karena hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk tertular virus Corona. Selama tak diperlukan, lebih baik tetap diam dan menjaga jarak sebisa mungkin dengan orang lain. Terutama jika Anda mudik dengan moda transportasi umum, lebih baik tidak sembarangan melakukan kontak dengan orang asing.

5. Siapkan Kesehatan Fisik

Pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat sebelum memulai perjalanan mudik. Hal ini sangat penting untuk dipikirkan karena mudik membutuhkan kesiapan fisik yang baik. Jagalah kesehatan sebelum mudik, konsumsi makanan bergizi, dan minum vitamin. Selain itu jangan lupa tingkatkan stamina dengan melakukan aktivitas fisik setiap hari agar tidak lelah saat harus naik kendaraan umum.

Anda bisa pesan tiket lebaran mulai saat ini juga karena pemerintah telah memastikan bahwa tahun ini masyarakat bisa mudik di hari raya. Pastikan Anda sudah membuat perencanaan mudik yang matang. Selamat berkumpul bersama keluarga di rumah!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.