Fri. Feb 3rd, 2023

Kue basah merupakan jajanan yang paling banyak disukai oleh orang-orang. Bukan hanya rasanya saja yang khas, kue basah juga memberikan kenangan manis bagi para penikmatnya, karena kue basah tradisional saat ini memang agak sulit untuk dijumpai. Kecuali jika Anda berkunjung ke pasar tradisional.

Tapi bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan mungkin akan sulit untuk menemukan aneka kue basah tradisional ini. Namun masih ada beberapa toko yang menjual kue khas tradisional di kota, meskipun jarang dijumpai. Berikut ini beberapa aneka kue basah tradisional dan modern yang bisa Anda simak, yaitu :

Aneka Kue Basah Tradisional yang Modern

1. Kue Bugis

Kue bugis merupakan salah satu kue tradisional yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan cara dikukus. Kue bugis biasanya mempunyai bentuk segitiga piramid atau bulat yang dicampur dengan gula merah.

Untuk isian dari kue Bugis harus dimasak terlebih dulu sampai matang, agar dapat lebih tahan lama dan saat dikukus tidak akan merubah rasa manisnya menjadi keasaman. Kue ini umumnya dibungkus dengan daun pisang untuk menghasilkan aroma yang khas.

Kue bugis ini mempunyai banyak macam yaitu diantaranya kue bugis nangka, kue bugis polkadot, kue bugis isi ubi, kue bugis Pare, dan masih banyak varian kue bugis lainnya.

2. Kue Nagasari

Kue nagasari termasuk jajanan tradisional yang sangat menggugah selera. Identik terbuat dari tepung dan pisang, lalu dibalut dengan daun pisang. Kue nagasari juga mempunyai banyak macam, sekarang juga semakin bervariasi dan modern.

Kue nagasari bukan hanya isiannya yang terbuat dari bahan pisang, namun ada yang dari Labu siam, kacang hijau, dan masih banyak yang lainnya. Bagi Anda yang mempunyai waktu luang dan ingin membuat kue nagasari ini untuk keluarga.

Anda bisa membuatnya sendiri dirumah, karena untuk membuat kue ini sangat mudah sekali serta tidak memerlukan waktu yang lama. Terlebih bahan-bahannya juga sangat simpel, jadi Anda dapat membuatnya di kala senggang.

Kue nagasari mempunyai banyak macam diantaranya yaitu nagasari lapis hunkwe, nagasari coklat, nagasari pisang, nagasari labu kuning, nagasari jagung, dan masih banyak jenis kue nagasari modern lainnya.

3. Bika Ambon

Kue basah yang ini sepertinya sudah terkenal menjadi salah satu makanan nikmat Khas Nusantara. Bika ambon mempunyai rasa yang enak, legit, kenyal, dan bertekstur lembut berongga.

Keunikannya ini membuat kue bika ambon menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat cocok untuk Anda dan keluarga. Kue yang mempunyai cita rasa manis ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

Karena dengan warna kuning cerah alami yang sangat menggoda pada kue bika ini, umumnya berasal dari kuning telur dengan jumlah yang banyak. Selain itu kue ini juga menggunakan pewarna alami dari kunyit.

Kue basah ini juga mempunyai banyak macam diantaranya yakni, bika ambon kuning yang sudah umum kita ketahui, bika ambon pandan, bika ambon teflon, bika ambon green tea, bika ambon mini choco mini, bika ambon keju mini, dan masih banyak jenis bika ambon lainnya.

4. Pukis

Pukis merupakan salah satu jajanan khas dari Desa Sampang Kebumen yang berawal saat beberapa pemuda dari desa tersebut dipekerjakan oleh orang Tionghoa untuk membuat kue yang kita kenal sampai saat ini.

Awal mulanya, sang pemilik usaha merahasiakan resep dari kue dengan cita rasa manis satu ini. Berkat keuletan dari seorang pemuda, pemilik usaha tersebut akhirnya memberikan kepercayaan untuk membuat kue dengan resep rahasia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *