Ming. Mei 29th, 2022

Apakah Kawan Puan pernah kesulitan meluangkan waktu untuk tidur siang dan berujung tidak jadi melakukannya? Sebagian orang boleh jadi ragu untuk melakukan tidur siang, terlebih di hari kerja, karena berpikir hal tersebut hanya membuang waktu dan tak bermanfaat. Namun, ternyata bukan hanya yang membutuhkan tidur siang, tetapi orang dewasa juga perlu melakukannya, lho.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan tidur siang. Soalnya, tidak semua tidur siang berdampak sama. Melansir , psikolog sekaligus spesialis gangguan tidur, Michelle Drerup, PsyD. mengatakan, "Tidur siang dapat membantu kita merasa sedikit lebih energik, fokus, dan rileks." Apalagi, tidur siang tidak membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun, dampaknya bisa kamu rasakan sepanjang sisa hari itu.

Nah, PARAPUAN telah merangkum apa saja manfaat tidur siang yang bisa Kawan Puan rasakan, jika melakukannya dengan tepat dan berkualitas. Yuk, simak! Saat bekerja seharian, boleh jadi Kawan Puan merasa sayang untuk menghabiskan waktu selama tidur siang karena pekerjaan yang masih banyak. Padahal, jika kamu semalam kerja sampai begadang atau larut malam, tidur siang sebentar saja bisa menghilangkan rasa kantukmu, lho.

Selain itu, berbagai penelitian menemukan, tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan, mempercepat waktu reaksi, dan meningkatkan kemampuan penalaran yang logis. Salah satu dampak positif dari tidur siang ialah membantu meredakan stres dan memengaruhi serta mengubah suasana hati yang buruk menjadi baik. Bahkan, penelitian menunjukkan, setelah tidur siang,orang dapat mengatasi frustasi dengan lebih baik dan menjadi kurang impulsif.

Apakah saat ini Kawan Puan sedang mengerjakan tugas atau mencoba keterampilan baru tapi masih sulit untuk melakukannya? Jika iya, boleh jadi hal yang Kawan Puan butuhkan ialah tidur siang. Bisa begitu karena para peneliti menemukan, salah satu manfaat tidur siang ialah kamu dapat mengingat dan mempelajari tugas baru lebih baik setelah tidur.

Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa orang yang tidur siang selama satu jam dapat mengingat informasi baru sebelum ujian, Tak hanya itu, orang orang yang sering tidur siang pun lebih mengingat informasi yang diterimanya seminggu kemudian. Rupanya, Kawan Puan tidak perlu melakukannya setiap hari untuk menuai hasilnya. Lakukanlah saat kamu merasa membutuhkannya.

"Jika kita tidak bisa fokus atau menjadi produktif, itu mungkin saat yang tepat untuk melakukan power nap cepat," ungkap dr. Drerup. Tidak hanya itu, sesi tidur siang pun tidak perlu dilakukan terlalu lama. Justru, tidur siang yang paling efektif ialah yang lebih pendek. "Bagi kebanyakan orang, power nap selama 15 30 menit adalah strategi terbaik untuk kembali merasa segar," kata dr. Drerup.

Katanya lagi, "Karena tidur siang yang terlalu lama bisa membawa kita ke tahap tidur yang lebih dalam dan membuat kita kesulitan tidur di malam hari." Hindarilah untuk tidur siang setelah jam 2 atau 3 siang, ya. Kecuali, kamu akan melakukan perjalanan atau shift sore, maka tidur siang dapat membantu meningkatkan kewaspadaanmu. Nah, itu tadi manfaat tidur siang berkualitas bagi Kawan Puan, mulai dari meredakan stres hingga meningkatkan kinerjamu. Jadi, masih ragu menyisihkan waktu? (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.