Sel. Jun 28th, 2022

Keahlian dalam melakukan perawatan kecantikan menjadi kunci kesuksesan salon yang Anda rintis. Tentu Anda wajib memiliki keahlian atau pengalaman bekerja di salon sebagai modal utama atau Anda bisa mendapatkan keahlian dengan mengikuti pendidikan kursus kecantikan. Bila modal utama sudah Anda miliki, tinggal melakukan perencanaan bisnis mulai persiapan dana, pemilihan lokasi, jenis pelayanan yang diberikan, dan lain-lain. Anda juga perlu memiliki aplikasi salon yang memudahkan orang-orang dalam melakukan reservasi online.

5 Alasan Anda Bisa Membuka Bisnis Salon di Pedesaan

Orang-orang yang tinggal di pedesaan dikenal kurang memahami gaya hidup masyarakat di perkotaan. Eh, jangan salah sangka dulu sebab masyarakat pedesaan telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Masyarakat desa tidak lagi tertinggal dari segi pendidikan hingga gaya hidup kekinian. Pengaruh kecanggihan teknologi dan kecepatan informasi membuat masyarakat pedesaan memiliki pengetahuan dan wawasan yang setara dengan masyarakat kota.

Para wanita yang tinggal di desa pun bisa menjadi salah satu pangsa pasar salon kecantikan Anda, lho! Bila Anda ragu membangun salon kecantikan di pedesaan, maka pertimbangkan beberapa alasan berikut :

1. Pemahaman wanita pada kecantikan yang semakin meningkat

Tidak hanya wanita yang tinggal di perkotaan saja, wanita yang tinggal di desa sudah mulai pandai berhias. Mereka memahami pentingnya menjaga kecantikan dengan melakukan perawatan rutin di salon. Peluang pasar para wanita mulai kalangan remaja sampai dewasa wajib Anda pertimbangkan sebagai segmen pasar potensial. Bila Anda memiliki keahlian untuk memotong rambut pria atau bisa merekrut SDM terlatih yang mampu menjadi kapster terbaik, maka salon akan berkembang semakin pesat.

2. Layanan jasa MUA yang semakin tinggi

Tidak hanya perawatan rambut seperti potong rambut, creambath, smoothing, dan lain-lain, Anda wajib memiliki pelayanan jasa make up artist. Dewasa ini, kebutuhan jasa make up terus meningkat untuk acara pernikahan, lamaran, tunangan, wisuda anak-anak sampai remaja SMA, dan lain-lain.

3. Perekonomian pedesaan yang stabil

Pada masa pandemi covid-19 ini, perekonomian pedesaan cenderung lebih stabil sebab masyarakat mendapatkan uang dari hasil bertani, beternak atau sektor lain. Dibandingkan dengan tingkat penularan virus corona di kota besar pun, pedesaan cenderung lebih aman dari pandemi. Anda yang membuka usaha salon rumahan pun bisa bernapas lebih lega dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, ya!

Perekonomian yang stabil membuat pasar tidak mengalami sepi yang berlarut-larut. Demi menghindari pencegahan penularan virus atau Anda tetap mematuhi aturan prokes untuk tempat usaha, pastikan memilih software klinik yang menawarkan jasa reservasi online. Toh, semua orang yang tinggal di pedesaan rata-rata memiliki ponsel pribadi dewasa ini.

4. Modal yang terjangkau

Alasan lain kenapa bisnis salon kecantikan di pedesaan tetap menarik sebab Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda bisa memanfaatkan rumah sebagai salon kecantikan dengan memakai ruang tamu atau teras depan. Tentu Anda harus tetap menyiapkan segala hal mulai perlengkapan, jenis pelayanan, persediaan produk kecantikan ternama dan BPOM RI, konsep usaha yang jelas, dan strategi pemasaran yang bagus.

5. Bisnis lebih fleksibel

Usaha salon di pedesaan cenderung cocok untuk Anda yang memiliki pekerjaan lain atau menjadikan salon sebagai bisnis sampingan. Anda bisa bekerja di rumah saja, bahkan bisa memantau para karyawan melakukan tugas dengan baik sembari menjaga anak. Tentu kehidupan masyarakat pedesaan yang masih menerapkan budaya toleransi, solidaritas dan memahami membuat Anda bisa mengatur bisnis lebih baik. Salon bisa buka dengan jadwal yang lebih fleksibel menyesuaikan dengan jadwal pemilik.

Bisnis salon kecantikan merupakan bisnis yang terus stabil sehingga Anda yang punya passion di bidang kecantikan bisa mencoba peluang ini. Gunakan aplikasi salon dari Zenwel yang membantu Anda dalam mengelola reservasi online, memberikan fitur pembayaran yang lebih fleksibel, bisa mengatur manajemen operasional usaha, manajemen karyawan, dan lain-lain. Sistem pembukuan salon yang lebih detail dan rinci untuk Anda yang pemula pun, kenapa tidak? Daftar sekarang untuk mendapatkan informasi lengkap dan akurat dari Zenwel, ya!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.