Sel. Sep 27th, 2022

Setiap wanita pasti mengalami menstruasi. Namun adakalanya wanita ingin cepat haid karena beberapa alasan. Misalnya saja karena ada kegiatan penting atau tidak merasa nyaman karena adanya menstruasi tersebut. 

Sebelum mengetahui cara cepat haid, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab waktu haid lebih lama. Sehingga bisa mengetahui solusi yang tepat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses menstruasi. Berikut ulasannya. 

 

Cara Cepat Haid

Sering kali penyebab utama waktu haid berlangsung lama adalah stres. Bisa juga nutrisi yang masuk kurang tercukupi. Oleh karena itu, cara cepat haid adalah memperhatikan konsumsi makanan dan menjaga kesehatan. Selain itu, ada juga cara lainnya seperti berikut ini. 

Istirahat Cukup dan Olahraga

Cara yang satu ini termasuk sederhana, hanya melakukan istirahat yang cukup dan olahraga. Tujuan melakukan keduanya adalah untuk mencegah terjadinya stres. Cukup lakukan olahraga ringan supaya mempercepat waktu haid. 

Contoh olahraganya adalah joging, jalan kaki keliling kompleks, atau bisa bersepeda. Semua kegiatan tersebut bisa memperlancar aliran darah, sehingga bisa mempercepat haid. Jangan lupa istirahat yang cukup supaya hormon kortisol bekerja dengan baik. 

Hormon tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya stres. Selain itu tidak akan memengaruhi hypothalamus. Hypothalamus merupakan salah satu hormon yang mengatur periode waktu menstruasi. 

Cukup Vitamin C

Cara selanjutnya sebagai cara cepat haid adalah mencukupi konsumsi vitamin C. Perlu diketahui kalau vitamin C termasuk salah satu jenis vitamin yang rasanya lezat. Bukan hanya itu saja, vitamin C juga bisa meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progestoren. 

Kondisi tersebut akan membuat uterus berkontraksi sehingga, sehingga dinding rahim akan luruh. Namun perlu diketahui kalau jangan sampai berlebihan dalam konsumsi vitamin C. Kelebihan vitamin C tentu bisa membahayakan kesehatan. 

Menjaga Berat Badan

Selain mencukupi konsumsi vitamin C, perlu juga untuk menjaga berat badan. Kelebihan berat badan akan memiliki lebih banyak lemak yang menempel pada tubuh. Kelebihan lemak akan mempengaruhi kadar hormon reproduksi pada wanita. Akibatnya waktu menstruasi lebih lam dibandingkan biasanya. 

Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga berat badan atau usahakan memiliki berat ideal. Jika memiliki berat badan berlebih, maka turunkan berat badan secara bertahap dan sehat. Konsumsi makanan sehat secukupnya dan olahraga secara teratur. 

Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi gizi yang seimbang otomatis akan membuat hormon tubuh berjalan dengan lancar. Sehingga tidak akan mengalami gangguan yang bisa mengakibatkan beberapa hal, seperti waktu haid yang tidak lancar. 

Ketika sistem metabolisme dalam tubuh berfungsi dengan baik, waktu haid akan bisa lebih lancar bahkan bisa lebih cepat. Cara yang satu ini termasuk aman dan mudah untuk menjalankannya. Jangan lupa mencukupi juga air mineral, supaya metabolisme dalam tubuh menjadi seimbang. 

Mulailah menjalankan hidup sehat dengan menghindari merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, berlebihan minum kopi, dan bergadang. Semua kegiatan tersebut bisa membuat waktu haid lebih lama. 

Relaksasi

Cara terakhir adalah melakukan relaksasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti menempelkan kompres air hangat di perut. Cara tersebut dipercaya bisa melancarkan aliran darah. Sehingga waktu haid bisa lebih cepat. 

Berendam air hangat juga bisa merelaksasikan otot dan bisa menghilangkan stres. Yoga juga bisa menjadi cara alternatif untuk melancarkan haid. 

Itulah beberapa cara cepat haid yang bisa dilakukan oleh beberapa wanita. Cara tersebut termasuk alami, sehingga tidak memberikan efek samping yang menyakitkan bagi tubuh. 

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.